Tips Rawat Bulu Kucing Maine Coon

Tips Rawat Bulu Kucing Maine Coon Biar Nggak Rontok

Diposting pada

Kucing ras ini dinobatkan sebagai salah satu ras kucing yang memiliki postur perawakan badan yang besar. Maine Coon bisa jadi kucing yang paling cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Selain kuat dan atletis, bulunya yang tebal dan indah membuat siapa saja betah memeluknya.

Sayangnya, bulu yang gampang rontok jadi menambah pekerjaan rumah untuk membersihkannya. Ingin miliki rumah bebas bulu dengan kucing Maine Coon yang aktif wara-wiri di dalamnya? Ini tips-tipsnya! Tips Rawat Bulu Kucing Maine Coon Biar Nggak Gampang Rontok, Simak ya.

Tips Rawat Bulu Kucing Maine Coon Biar Nggak Gampang Rontok:

1. Rutin Menyisirnya

Menyisir bulu kucing Maine Coon 1-2 kali seminggu jadi hal wajib dilakukan untuk menjaga kesehatannya dan kebersihan rumah dari gumpalan bulu. Awali dengan memilih sikat yang sempurna dengan mempertimbangkan panjang dan tekstur bulunya.

Sikat licin dengan jari-jari berbahan logam tipis yang cukup kokoh dapat mengurai bulu yang kusut. Bisa juga menggunakan sarung tangan dengan gigi-gigi karet lembut untuk menyingkirkan bulu-bulu yang lebih pendek.

2. Membiasakan Menyikat Bulunya

Sebaiknya awali rutinitas menyikat bulu kucing Maine Coon sejak dini. pilih waktu yang tepat saat sedang bersantai sambil membelai bulunya. Ganti tangan dengan sikat dan sisir bulunya secara perlahan sesuai arah tumbuh bulu. Balik arahnya untuk menghilangkan bulu-bulu rontok dan merangsang pertumbuhan bulu baru. Cukup banyak rontok, jangan lupa letakkan alas di bawa hewan peliharaan selama menyisirnya.

3. Pangkas Bulu Kucing Maine Coon

Meskipun menyisir dapat menghilangkan kotoran dan rambut yang rontok, surai yang panjang dan lebat serta ekor kucing Maine Coon yang tebal cenderung kusut. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah memangkas bulu kucing secara teratur.

Baca Juga: 8 Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing Peliharaan

Namun, cara ini pun butuh usaha karena kucingmu mungkin akan menolak saat merasakan sensasi gunting atau sentakan saat memotong bulunya. Solusinya, hindari alat cukur elektronik yang dapat membuatnya takut, pakai gunting tajam untuk memotong bulunya dengan cepat dan rapi.

4. Memandikan Kucing Maine Coon

Minimal mandikan kucing Maine coon sebulan sekali untuk mengontrol kerontokan dan menjaga kebersihan bulunya. Perkenalkan jadwal mandi sejak anakan yang bikin usahamu untuk memandikan tubuh besarnya lebih mudah. Gunakan air hangat di dalam bak air lalu basahi bulunya dan gosokkan sampo dengan lembut. bilas hingga bersih dan bungkus kucing dengan handuk tebal untuk menyerap kelebihan air.

Terkadang sulit dan memakan waktu, rutinitas grooming ini juga bisa bikin kucing jadi stres. Hujani dengan perhatian dalam bentuk belaian dan makanan kucing yang sehat untuk membantunya mengasosiasikan perawatan ini dengan aktivitas yang menyenangkan.

Baca Juga: Kucing Maine Coon dan Siberia Apa Perbedaannya 

Sumber: merdeka.com