Manfaat Vaksin Kucing

Manfaat Vaksin Pada Kucing Peliharaan

Diposting pada

Vaksin pada kucing mungkin sudah tak asing lagi bagi kalian. Apalagi sekarang vaksin kucing sangat mudah untuk di dapatkan. Vaksin pada kucing bisa jadi salah satu solusi cerdas supaya kucing kesayangan kalian terhindar dari sejumlah penyakit. Lantas, apakah benar manfaatnya untuk mencegah penyakit kucing. Mari simak lebih dalam apa manfaat vaksin kucing pada kucing peliharaan dibawah ini.

Dilansir dari seorang dokter hewan ternama Suheri Hasibuan, vaksin pada kucing bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering melanda pada kucing.

Walau ternyata terdapat kesamaan, tahapan vaksin yang dilalui kucing dan anjing ternyata memiliki perbedaan. Berikut penjelasan seputar vaksin kucing yang perlu kalian tahu supaya kucing selalu terjaga kesehatannya.

Pertama, kucing diberikan Vaksin Felocel 3 (F3) pada usia 3 sampai dengan 12 bulan supaya mencegah penyakit rhinotracheitis (gangguan saluran pernapasan), calicivirus (membuat mulut kucing berdarah-darah), dan panleukopenia (menyerang organ vital).

Lalu, kucing diberi vaksin yang ke 2 menjadi F4, yang pencegahan penyakitnya sama dengan vaksin pertama. Hanya saja, vaksin ditambah chlamydia, yaitu penyakit yang sering menyerang pada mata kucing.

“Supaya dia nggak belekan terus. Matanya sehat. Kan ada tuh kucing yang matanya kayak hampir keluar,” papar Suheri dalam keterangannya.

Drh Heri pun melanjutkan, bahwa vaksin pertama dikasih pada saat kucing baru berusia 5 bulan.

Sebulan kemudian dari vaksin pertama itu baru diberikan vaksin kedua.

Tapi, kalau semisal umur kucing nya udah lebih dari 12 bulan dan belum vaksin pertama, kami biasanya langsung memberikan vaksin yang kedua. Mereka biasanya nantinya bakal membentuk antibodi dari vaksin yang disuntikan tersebut.

Berjarak setahun dari vaksin kedua, barulah kucing bisa divaksin untukyang ketiga. Treatmentnya sama, yakni untuk menghindari keempat penyakit yang sudah disebut. Tapi, kali ini ditambahkan lagi untuk menghindari penyakit rabies.

“Sudah vaksin yang ketiga baru bisa vaksin F4 dan rabies setiap tahun. Setidaknya sampai 3 ataupun 4 tahun. Setelah itu, kucing sudah membentuk antibodi sendiri,” ungkap drh. Suheri dalam keterangan nya.

Makanan Kucing

Nah, untuk memberikan nutrisi untuk kucing, kalian memerlukan makanan yang bergizi. Kalian dapat memberikan makanan dry food yang terbaik untuk kucing peliharaan kalian supaya kucing kalian selalu sehat disamping memberikan vaksin kucing juga seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Oke sekian dari kita, Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. Salam Catlovers.

Baca Juga: 5 Tips Biar Kucingmu Slalu Sehat dan Menggemaskan