Fakta Tentang Air Liur Kucing

Fakta Tentang Air Liur Kucing yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Kucing sering menunjukkan kasih sayang dengan cara menjilati tangan pemiliknya yang mereka cintai. Jilatan lidah kucing kadang terasa kasar dan sedikit lembab. Nggak sedikit yang mungkin penasaran dan mungkin bertanya tanya juga seberapa aman air liur kucing ketika kita terkena jilatannya. Seperti pada manusia, air liur kucing juga terdiri dari beberapa elemen yang umum nya nggak berbahaya apabila kita terkena jilatan atau air liur kucing.

Apa aja sih Fakta Tentang Air Liur Kucing, simak di bawah ini.

Terdapat Enzim Sebagai Antibiotik Alami

Air liur kucing dipercaya mengandung enzim yang bekerja sebagai antibiotik alami pada kucing, hal ini dijelaskan pada tingkah laku kucing yang seringkali menjilati lukanya dengan lidahnya.

Enzim ini dipercaya bisa mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan pada kucing. Selain itu, air liur kucing juga menjadi penghalang terhadap bau yang dapat menarik predator lainnya, membantu mendinginkan tubuh kucing, mendistribusikan minyak ke seluruh lapisan bulu kucing supaya tetap sehat serta merangsang aliran darah pada kucing.

Terdapat Bakteri dalam Air Liurnya

Kucing, terutama yang banyak dan sering menghabiskan waktu di luar ruangan, memiliki potensi adanya bakteri dalam air liurnya.

Manusia sendiri juga memiliki bakteri di mulutnya, tetapi kucing bisa menularkan bakteri jenis tertentu, termasuk penyebab Cat-Scratch Disease, infeksi yang nggak begitu berbahaya yang dipicu oleh gigitan kucing.

Untuk amannya, selalu cuci kulit kalian sampai bersih apabila kalian tergigit oleh kucing kalian, juga saat kalian tercakar kucing untuk mencegah infeksi karenanya.

Tips Aman Buat Kucing Kalian

Mecegah Kucing keracunan

Dalam sehari hari kucing banyak menghabiskan waktu untuk menjilati bulunya. Jejak produk pembersih rumah tangga kita pun sering muncul di air liurnya yang mungkin tanpa sengaja terjilat oleh kucing peliharaan kalian, misalnya sabun cuci piring maupun pembersih lantai.

Nah kalo kucing kalian mulai mengeluarkan air liur secara berlebihan, ini mungkin jadi sumber penyebabnya. Untuk mengetahui masalahnya dengan tepat, segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat dan slalu pastikan untuk menggunakan produk pembersih yang ramah pada kucing peliharaan kalian di rumah.

Nah itulah Fakta Tentang Air Liur Kucing, nggak perlu  takut kotor saat kucing kalian menjilati tubuh kalian, bahkan ada hadist dalam islam juga yang menyebutkan kalau kucing adalah hewan suci dan tidak najis.

Oke semoga bermanfaat ya onty, salam catlovers.

Baca Juga: 4 Hal Tentang Kucing yang Ternyata Cuma Mitos