Cara Menjaga Kucing Agar Tidak Masuk Angin

Cara Menjaga Kucing Tidak Masuk Angin di Musim Hujan

Diposting pada

Di saat musim hujan dan cuaca yang dingin sekarang ini, siapa aja bisa terkena masuk angin dan sakit flu tak lain hal ini juga bisa dialami oleh kucing peliharaanmu. Sehingga penting untuk selalu menjaga suhu badan kucing tetap normal serta memperkuat sistem imun dari si kucing supaya tidak mudah terkena sakit. Bagaiman sih cara menjaga kucing kalian agar tidak mudah masuk angin dan sakit, simak lebih lanjut.

Pernah kah kamu juga memikirkan apa yang terjadi pada kucingmu saat musim-musim hujan yang sering terjadi seperti ini. Apakah mereka bisa sakit, masuk angin dan terserang flu juga?

Ternyata, kucing juga termasuk hewan yang lebih sensitif terhadap perubahan suhu, terutama jika mereka terbiasa hidup hanya di dalam ruangan.

Tidak seperti hewan berbulu lainnya, kucing tidak memiliki bulu yang tebal atau lapisan ganda seperti yang terdapat pada anjing. Inilah beberapa faktor yang membuat kucing sensitif dengan perubahan suhu yang dingin. Apa aja? Langsung aja liat di bawah ini.

Ras dengan sedikit memiliki bulu

Beberapa ras kucing seperti kucing Sphynx, yang hampir tidak memiliki bulu, cenderung akan merasa kedinginan. Oleh sebab itu harus lebih diawasi di musim hujan seperti ini dan jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan ekstra terhadap cuaca yang dingin ini.

Kucing yang sedang sakit

Seperti manusia, kucing yang sedang sakit seringkali mempunyai pertahanan tubuh yang rendah dan lebih gampang dan mudah untuk terserang flu serta masuk angin.

Anak kucing dan kucing yang sudah tua

Anak kucing atau kitten belum sepenuhnya dapat mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya seperti kucing dewasa. Kucing yang berusia di atas 7 tahun juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan kurang baik. Oleh sebab itu, mereka lebih mudah terkena penyakit jika terjadi perubahan suhu di sekitar mereka.

Cara membantu kucing agar tetap hangat dan tidak mudah terserang masuk angin:

1. Selalu memberi makanan kucing yang bergizi baik dan mempunyai kandungan nutrisi yang bagus

Memberi makanan kucing yang bergizi baik dan mempunyai kandungan nutrisi yang bagus akan meningkatkan kesehatan kucing kalian dan memperkuat pertahanan terhadap cuaca dan suhu yang dingin. Namun, kalian harus ingat bahwa selama musim dingin, kucing seringkali kurang aktif dan cenderung lebih suka tidur dibandingkan musim musim biasanya.

Jika mereka selalu ada di dalam rumah dan jarang bergerak, sebaiknya memberi makan kucing dengan porsi yang berlebih juga karena malah akan membuat kucing kalian mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Sebaliknya, jika kucing kalian cenderung berkeliaran jauh dari luar rumah, ada baiknya juga memperbesar jumlah porsi makanannya untuk dorongan energi ekstra dan untuk menjaga suhu tubuhnya agar selalu hangat dan terjaga.

2. Tutup rapat jendela rumah kalian

Cara yang baik untuk mencegah kucing kalian kedinginan adalah dengan menutup jendela pada rumah kalian, agar menjaga suhu di dalam rumah tetap hangat dan terjaga serta nyaman bagi kucing peliharaan kalian.

3. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah kalian

Ketika matahari bersinar, kalian dapat membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah kalian. Sehingga kucing peliharaan kalian dapat berbaring dan menghangatkan diri di bawah cahaya sinar matahari tersebut. Ajak juga kucing berjemur di luar apabila kondisi memungkinkan dan ada sinar matahari yang cukup hangat untuk kucing kalian.

4. Beri selimut pada kucing kalian

Jika hewan peliharaan Anda memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki bulu, maka ada baiknya berikan selimut yang hangat dan nyaman buat mereka.

Kalian juga bisa meletakkan selimut  di tempat tidur atau di dalam kandang mereka, sehingga kucing peliharaan kalian bisa merasa hangat dan nyaman.

Tanda-tanda kucing yang mengalami masuk angin dan sakit flu yaitu:

  • Hidung yang berlendir tidak seperti biasanya
  • Mata yang merah atau bahkan berair
  • Bersin bersin yang berlebih
  • Terlihat lesu dan malas

Dalam kasus seperti ini, kalian harus sesegera mungkin pergi ke dokter hewan terdekat untuk memeriksa keadaan kucing kalian sebelum keadaannya semakin memburuk.

Nah itulah Tips dan Cara Menjaga Kucing Agar Tidak Masuk Angin di Musim Hujan. Semoga bermanfaat ya.

Salam catlovers.

Baca Juga: Manfaat Vaksin Pada Kucing Peliharaan