cara memandikan kucing

Cara Memandikan Kucing

Diposting pada

Kucing memiliki bulu-bulu yang menarik, bersih dan rapih, namun apabila kondisi bulu badan sudah kelihatan kotor dan kumal tentu tidak enak dipandang. Agar mendapatkan bulu kucing yang terlihat bersih tentu diperlukan perawatan khusus, salah satunya dengan memandikan kucing kesayangan kamu.

Berikut cara memandikan kucing dengan aman dirumah.

1. Persiapkan bak mandi untuk kucing

Persiapkan bak mandi untuk memandikan kucing dan beri alas bak mandi dengan handuk atau karpet agar tidak licin saat kucing berdiri di dalamnya.

2. Isi dengan air hangat

Isi bak mandi dengan air hangat sebelum memandikan kucing kamu. Siapkan juga air hangat dalam tempat lain, misalnya ceret. Air ini berguna untuk membilas shampoo pada kucing.  Jangan memandikan kucing langsung dari kran,  air deras yang keluar dari kran justru akan membuat kucing menjadi takut. Mandikanlah kucing dengan lembut.

3. Menutup kamar mandi

Kamu harus menutup pintu kamar mandi untuk menghindari kucing melarikan diri saat sedang mandi.

4. Kontrol kondisi kucing

Terkadang kucing mencoba untuk keluar dari bak mandi, jika hal ini terjadi usahakan kedua kaki belakang tetap berpijak pada bak mandi. Pegang bagian tengkuk kucing dengan lembut agar tetap berada pada bak mandi. Namun bila merasa kesulitan maka anda harus mencari orang lain untuk membantu.

5. Cuci bulu kucing dengan shampoo

Gunakan shampoo khusus kucing. Cuci kucing kamu dengan sedikit shampoo yang dicampur dengan air pada bagian leher, badan, kaki, perut, dan ekornya. Mulailah dari leher menuju bagian ekor dengan memijat secara lembut, sehingga kucing merasa tenang. Lakukan seperti kamu mengelus atau membelai kucing.

Hindari bagian mata, hidung, mulut, dan telinga terkena shampoo. Untuk meminimalkan air masuk kedalam telinga, bisa menggunakan kapas untuk menutupnya. Jangan lupa untuk membuang kapas tersebut.

6. Membilas shampoo

Bilas shampoo yang menempel dengan menggunakan air di bak mandi. Kemudian kuras bak mandi dan isi kembali dengan air hangat untuk membilas kembali. Lakukan hal tersebut sampai tidak ada lagi shampoo yang menempel pada bulu-bulunya.

7. Membersihkan bagian wajah kucing

Untuk menghindari resiko maka untuk membersihkan bagian wajah menggunakan lap basah.

8. Perhatikan kucing anda

Saat sedang memandikan kucing, sebaiknya memperhatikan tanda-tanda kucing yang sedang panik atau tertekan. Kucing yang sedang panik biasanya akan bersuara mendesis, menggeram, bersin, menangis, mengeong, dan terengah-engah. Jika kucing terlalu takut dengan apapun yang sedang di lakukan, maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu. Jangan meneruskan proses mandi karena akan membuat kucing menjadi stress atau bahkan anda bisa terluka. Lebih baik melakukan secara perlahan-lahan, jika tidak bisa dimandikan saat ini bisa anda lakukan di lain harinya.

9. Gunakan kain basah

Gunakan kain basah jika kucing kamu tidak mau mandi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bulu kucing.

10. Keringkan dengan handuk kering

Ambil handuk kering dan tekan dengan lembut ke badan kucing, kemudian selimuti kucing dengan dengan handuk dan gosok secara perlahan dan lembut seolah-olah anda sedang memijitnya. Saat handuk sudah terlalu basah, ganti dengan handuk  kering yang lain . Lakukan hal ini sampai badan kucing sudah benar-benar terbebas dari air atau terlihat lembab

Kucing yang berambut pendek mungkin bisa dikeringkan dengan hanya menduduki atau tiduran pada handuk yang kering. Sedangkan kucing yang berambut panjang seperti kucing jenis Persia, maka harus menyisir sampai bulu-bulunya benar-benar kering. Jika kucing tidak takut dengan pengering rambut, dapat menggunakannya namun di set terlebih dahulu pada kondisi hangat untuk mempercepat pengeringan rambut dari jarak yang sedikit jauh.

Itulah tips-tips cara memandikan kucing peliharaan kamu. Hati-hati dalam memandikan kucing yaa.

 

Baca Juga :

Arti Bahasa Tubuh Kucing Yang Mungkin Kamu Belum Tau

Kenali Tanda Tanda Kucing Kalo Dia Mencintai Kamu