Arti Bahasa Tubuh Kucing Yang Mungkin Kamu Belum Tau

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang arti bahasa tubuh kucing yang mungkin belum kamu tau, Kamu mungkin seringkali menebak nebak kenapa kucing kamu bertingkah seperti itu seperti memberi isyarat kepada kita tentang apa yang dia rasakan. Disini kita akan ulas satu per satu tentang bahasa atau kebiasaan kucing dalam mengekpresikan apa yang dia rasakan. Oke jangan beranjak kemana mana dulu ya…

Bahasa tubuh kucing memang sulit dimengerti bagi kita, di dunia para kucing komunikasi dilakukan dengan bau, suara, dan gestur atau gerakan tubuh mereka. Dengan semua itu, mereka mencoba mengomunikasikan perasaan mereka kepada binatang lain maupun kepada kita sebagai pemiliknya.

Dengan kita mengerti betul apa arti gesture atau tindak tanduk gerakan kucing kita, kita dapat dengan mudah mengerti kondisi kucing kesayangan kita, entah itu tentang perasaannya ataupun kesehatan mereka. Melalui cara cara ini kita dapat mengerti apa sich sebenrnya yang sedang kucing kita rasakan atau alami, karena tanda tanda ini atau kode ini memang sudah banyak diketahui bahkan pernah diteliti juga dan hampir  akurat 100%. Penasaran kan?? Yuk kita intip apa saja kode kode yang kucing kita berikan untuk mengerti perasaannya agar kita lebih peka terhadap apa yang mereka rasakan.

1. Melalui Mata Mereka.Ya, cari tau sikap kucing kita dari mata mereka. Kucing memiliki mata yang sangat ekspresif dan biasanya mata adalah indikator perasaan kucing yang paling jelas dan paling mudah untuk kita pahami dan mengerti.

Walaupun demikian, tentu ekpresi atau kode mata mereka menyimpan makna yang berbeda beda tergantung juga pada situasi juga, oleh sebab itu sangatlah penting untuk kita supaya bisa memahami gesture tubuh lain supaya dapat benar-benar mengerti dan memahami betul perasaan kucing kita.

* Mata mengedip secara perlahan dan pupil mengecil.

Biasanya ini mengartikan bahwa mereka sedang merasa senang, gembira atau merasa nyaman dengan kita ataupun kondisi di sekitarnya dan menikmati kondisi santai mereka. Tetapi apabila pupil mata mereka mengecil hal ini dapat di indikasikan mereka sedang mengalami stres.

* Menatap tanpa berkedip.

Biasanya dalam case ini mereka lakukan ketika mereka sedang berusaha mengintimidasi lawan mereka atau sedang merasa marah atau was was. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya kita tidak berusaha mendekati atau menyentuhnya karena mereka sedang dalam kondisi yang kurang baik.

* Pupil yang membesar.

Dapat diartikan bahwa kucing sedang dalam kondisi ketakutan, ingin tahu, marah atau hanya karena keadaan ruangan yang gelap atau sedikit masuk cahaya.

2. Melalui Telinga Mereka.

Penggunaan telinga sebagai sarana komunikasi kucing membutuhkan kejelian dari kita karena biasanya mereka melakukan ini dengan sangat cepat.

* Telinga melipat kesamping.

Dalam hal ini dapat diartikan bahwa mereka siap untuk melindungi diri dari serangan lawan dan juga berarti tanda bahwa ia tunduk dan akan patuh pada lawannya.

* Telinga bergerak ke belakang.

Kucing yang melakukan hal tersebut cenderung adalah tanda bahwa kucing marah dan siap menyerang. So, hati hati pabila kucing kamu memberikan tanda ini karena mereka sedang dalam kodisi yang tidak baik dan sedang merasa wa was atau terancam.

3. Melalui Ekor Mereka.

Ekor kucing merupakan indikator yang paling baik untuk kita agar bisa dapat memahami perasaan kucing kita. Ekor merupakan kode yang paling gampang dan mudah untuk kita ketahui maksud dan tujuan kucing melakukan itu.

* Ekor yang tegak lurus ke atas.

Biasanya berarti bahwa kucing kita sedang merasa santai dan gembira atau senang dengan keadaan sekitarnya.

* Ekor tegak lurus ke atas dengan ujung melenting.

Perilaku ini berarti bahwa tanda kucing masih dalam keadaan senang namun tetap berwaspada dengan situasi di sekitarnya. Mungkin saja saat itu baru saja ada orang lain atau hewan yang datang dan menarik perhatiannya sehingga mereka bersikap sedikit waspada dengan kondisi di sekitarnya.

* Ekor masuk di antara kaki dan bulu yang mengembang.

Dalam case ini mengindikasikan kucing kita sedang mengalami yang namanya ketakutan. Kucing kita akan melakukan hal ini jika ia merasa ketakutan terhadap sesuatu atau terkejut terhadap sesuatu di sekitarnya bisa karena orang di sekitarnya ataupun keberadaan kucing lain disekitarnya yang membuat dia takut dan melakukan hal itu.

* Ujung ekor yang bergerak-gerak lambat.

Biasanya perilaku ini merupakan tanda dan kode bahwa kucing tengah berkonsentrasi penuh terhadap sesuatu yang dia perhatikan. Mereka mungkin sedang memperhatikan objek yang jauh dan sedang berusaha mengetahui apa objek itu.

* Ujung ekor bergerak lebih cepat.

Ini bisa jadi pertanda ia memang merasa terganggu dengan objek yang sedang dia perhatikan tadi. Semisal, objek tersebut ternyata adalah kucing lain yang baru datang sehingga membuat mereka terganggu atau was was denga kehadiran mereka sehingga mereka melakukan ini.

* Ekor  tegak lurus dan bulu mengembang.

Ini artinya kucing kamu sedang marah dan kondisi siap menyerangbisa karena kucing yang diperhatikan atau objek tersebut lebih besar dari yang kucing kita perkirakan. Sikap ekor seperti ini digunakan sebagai peringatan untuk objek itu atau kucing lain dan menyuruh mereka mundur dari mereka.

* Ekor berayun dari satu sisi ke sisi lain secara tidak beraturan.

Ini adalah tanda bahwa kucing kita tengah bersiap mengambil tindakan, entah itu tindakan marah atau merasa takjub dengan objek yang mereka lihat dan perhatikan.

* Ekor berayun ke kanan atau ke kiri dengan beraturan.

Ini tandanya kucing kita merasa nyaman dengan objek sesuatu ataupun dengan kondisi di sekitar, bisa jadi manusia atau kucing lain. Mereka nyaman sehingga mereka melakukan itu.

3. Melalui Gerak Gerik Tubuh Kucing.

* Berbaring dengan posisi melingkar.

Hal ini menunjukkan kondisi pasif atau yang tidak menarik perhatian mereka. Artinya objek lain entah itu kucing lain atau manusia tidak menarik perhatiannya.

* Menempelkan ekor mereka ke tubuh kita.

Hal ini merupakan pertanda bahwa dia menginginkan perhatian kita dan biasanya mereka melakukan ini karena kucing kita nyaman dan sudah percaya betul dengan kita, tanda ini merupakan tanda yang bersahabat dan kucing kita siap bermain main dengan kita.

Ya, itulah beberapa kode kode atau bahasa kucing dalam mengekpresikan apa yang mereka rasakan, Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kalau kalian rasa artikel ini juga bermanfaat bagi orang lain. Karena dengan membagikan artikel ini kalian juga sudah bersumbangsih besar terhadap orang lain yang memang membutuhkan pengetahuan tentang artikel yang kita bahas ini. Terima Kasih karena sudah mau membaca dan mampir di artikel kita ini.
Baca juga : 
Salam Cat Lovers^^